Senin, 09 Desember 2013

Atasi Kebiasaan Buruk Menunda Pekerjaan

Sebagai pegawai, Anda selalu dituntut untuk menuntaskan berbagai pekerjaan tepat. Banyak pegawai yang justru sering menunda pekerjaan dan membuang banyak waktu untuk menuntaskan salah satu tugasnya. Jika tidak bisa mengharapkan semua selesai begitu saja secara tiba-tiba, maka ubahlah kebiasaan menunda pekerjaan agar kegiatan harian lainnya tidak terganggu.
Bagi yang ingin bekerja lebih efektif dan produktif, berikut 7 cara untuk keluar dari kebiasaan menunda pekerjaan:
1. Pikirkan dan buat daftar pekerjaan yang sering Anda tunda
Sebagai pegawai, seringkali Anda menunda pekerjaan atau tugas yang sama di kantor. Untuk mengubahnya, tulislah daftar pekerjaan yang sering Anda tunda dan cari tahu alasannya.
Saat Anda sudah mengetahui penyebabnya, kemudian harus berupaya mencari solusi agar bisa menyelesaikannya tepat waktu. Dengan begitu, Anda bisa tahu pekerjaan mana saja yang belum terselesaikan.
2. Hindari gangguan kerja
Jika Anda harus mengerjakan laporan dan tak perlu memerlukan akses internet untuk mengerjakannya, matikan alat komunikasi dan komputer Anda.
Akses internet dapat mengganggu konsentrasi dan membuat pekerjaan terabaikan. Contoh itu terjadi pada sejumlah kasus serupa.
3. Berisitirahat yang cukup
Kejenuhan di kantor dapat membuat Anda menunda pekerjaan lebih lama. Faktanya, saat bekerja dalam waktu yang lama tanpa istirahat yang cukup, Anda akan kelelahan dan terpaksa harus menunda pekerjaan terlebih dahulu. Namun dengan istirahat yang cukup, Anda dapat menuntaskan berbagai tugas tepat waktu.
4. Cari tempat nyaman untuk bekerja
Bekerjalah di tempat yang nyaman menurut Anda. Jika tak nyaman bekerja di rumah, pergilah ke taman atau kedai kopi di mana bisa berpikir lebih lancar. Begitu pula di kantor, carilah tempat yang memiliki sedikit gangguan. Menjauh dari teman sekantor juga bisa membantu Anda lebih berkonsentrasi pada pekerjaan.
5. Tentukan agenda harian dan patuhi
Aksi menunda pekerjaan dapat berkurang saat Anda memiliki jadwal yang ketat. Maka buatlah agenda harian dan pastikan Anda mematuhinya dengan baik. Jika tidak, semakin banyak waktu yang terbuang.
6. Saat tugas terlalu besar, sederhanakan
Menerima tugas terlalu besar membuat Anda cenderung malas menuntaskannya. Maka bagilah pekerjaan tersebut menjadi komponen-komponen yang lebih kecil agar terlihat lebih sederhana. Dengan begitu, Anda akan berhenti menunda waktu untuk menyelesaikannya.
7. Gunakan skala prioritas
Mengetahui apa yang Anda butuhkan untuk bekerja tepat waktu dapat membantu keluar dari kebiasaan menunda pekerjaan.
Tentukan prioritas pekerjaan yang harus diselesaikan terlebih dulu. Berhentilah menunda waktu dan buat waktu Anda lebih efektif dan produktif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar