Selasa, 10 Desember 2013

Tips Agar Karir Semakin Cemerlang

Hampir setiap orang pasti pernah merasakan semangat kerja yang naik turun. Rutinitas di tempat kerja seringkali membuat para karyawannya jenuh dan sulit berkonsentrasi. Akibatnya, kinerja di kantor menurun dan diperlukan berbagai cara untuk meningkatkannya kembali.Kinerja yang baik saat bekerja di kantor mampu mengundang banyak peluang karir. Sayangnya, semangat seseorang tak selalu sama dalam melakoni tugasnya di tempat kerja, kadang naik, kadang turun. Meski begitu masih banyak cara yang tersedia untuk meingkatkan kinerja di kantor.
Saat Anda menunjukkan kinerja yang baik di kantor, berbagai peluang karir akan berdatangan dengan sendirinya. Selain itu, dengan berbekal performa kerja yang baik, seorang pegawai dapat mencapai posisi yang lebih tinggi di kantor. Potensi naik jabatan juga lebih besar dimiliki para pegawai dengan kinerja yang baik.Tak hanya itu, totalitas kerja di kantor bisa membuat Anda memperoleh tawaran karir yang jauh lebih menarik.Lalu bagaimana cara menggapai sejumlah peluang tersebut?

Berikut 10 cara untuk tingkatkan kinerja Anda di kantor:

1. Lakukan pekerjaan secara teratur
Dalam bekerja, Anda sebaiknya mematuhi agenda kerja yang telah dibuat dalam sehari. Selain itu Anda juga perlu mengatur kotak masuk email baik untuk urusan pribadi maupun untuk profesional. Bekerja dengan pola teratur dapat membantu Anda meningkatkan kinerja di kantor.
2. Berhenti mengerjakan banyak tugas sekaligus
Penelitian yang dilakukan Stanford University pada 2009 menunjukkan, mayoritas pegawai yang melakukan beberapa pekerjaan dalam waktu bersamaan akan sulit berkonsentrasi. Sementara para pekerja yang hanya bertugas menuntaskan satu atau dua proyek mampu memiliki fokus yang lebih tajam. Alhasil, setiap pekerjaan bisa diselesaikan dengan lebih baik.
3. Berpikir dengan sudut pandang si bos
Bekerja dalam tim tentu membutuhkan cara pandang yang sama. Sebagai pegawai, baiknya berpikirlah seperti cara atasan Anda menilai sesuatu. Mulailah memperhatikan gaya kerjanya dan bertindak satu langkah lebih maju darinya.
4. Berhubungan baik dengan rekan kerja
Sebagai pegawai, Anda tak bisa bekerja sendiri. Maka jagalah hubungan baik dengan bagian personalia dan pengembangan teknologi kerja di kantor. Bahkan Anda juga perlu bergaul dengan para penjaga keamanan dan kebersihan di kantor. Hubungan yang baik dengan rekan kerja dapat membantu Anda meningkatkan kinerja di kantor.
5. Fokus menyimakSaat sedang berkomunikasi dengan atasan, simak dengan baik apapun permintaannya. Tak hanya pernyataan bos, Anda juga perlu menyimak dengan baik pendapat rekan kerja dan bawahan Anda. Kemampuan menyimak yang baik dapat mendorong kinerja Anda menjadi jauh lebih baik.
6. Bangun lebih pagi
Bangun lebih awal dapat membantu Anda menyegarkan pikiran sebelum bekerja. Bahkan bangun 15 menit lebih awal, bisa memberikan dorongan besar untuk memulai hari kerja. Semangat di pagi dapat meningkatkan kinerja Anda selama menyelesaikan berbagai tugas di kantor. Usai menyelesaikan seluruh pekerjaan, Anda juga bisa menghadiahi diri sendiri dengan pulang lebih awal.
7. Istirahat sejenak
Waktu istirahat berarti Anda harus berhenti kerja sama sekali. Tak perlu memeriksa email atau memikirkan pekerjaan. Setiap orang perlu mengisi tenaganya sebelum kembali berkutat dengan tumpukan tugas di kantor. Nikmati waktu istirahat dan kembalilah ke meja kerja dengan performa yang meningkat.
8. Berkomunikasi dengan efektif
Bagi Anda yang kesulitan menuangkan buah pikiran dalam bentuk tulisan, sebaiknya hindari mengirim email saat menyampaikan pesan penting. Cobalah berkomunikasi lewat telepon agar percakapan berjalan efektif. Namun jika cara itu masih belum berhasil, jadwalkan pertemuan tatap muka agar berbagai informasi yang bersifat profesional dapat tersampaikan dengan jelas.
9. Melakukan persiapan dengan matang
Sebelum terlibat rapat di kantor pastikan Anda memahami isi pembicaraan dalam pertemuan tersebut. Caranya, anda bisa melakukan sejumlah pengamatan terlebih dahulu. Saat bernegosiasi soal pekerjaan, Anda juga dituntut untuk mempersiapkan dengan matang.
10. Bersikap rendah diri
Kebanyakan saran dalam berkarir fokus pada pembentukan pribadi yang baik. Salah satu cara yang bisa meningkatkan performa kerja Anda di kantor adalah dengan bersikap rendah diri.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar