Kamis, 12 Desember 2013

Cara Agar Bekerja Lebih Produktif

Sebagian besar pegawai seringkali mengeluhkan waktu kerja yang terlalu sedikit. Bukan hanya itu, kelelahan bekerja juga menjadi salah satu keluhan terbesar para pegawai pada umumnya. Tak sedikit dari mereka bahkan membaca berbagai buku untuk meningkatkan produktivitas pribadi.
Sebagian besar karyawan melakukan hal-hal tak penting yang membuang banyak waktunya saat bekerja.
Anda seharunya mengetahui tujuan Anda ke kantor adalah untuk bekerja, bukan mengakses jejaring sosial atau bersantai. Hal tersebut dianggap Tobak dapat menurunkan produktivitas seseorang saat bekerja. Untuk mengatasinya, berikut tujuh cara sederhana untuk meningkatkan produktivitas Anda:

1. Jangan Akses Jejaring Sosial Selama Bekerja
Kecanduan terhadap sesuatu bisa mengganggu produktivitas Anda. Begitu pula saat Anda kecanduan mengakses media sosial seperti Facebook atau Twitter yang tengah marak sekarang. Maka akseslah Twitter, Blog, Facebook atau kegiatan jejaring sosial lain setelah bekerja.
2. Berhenti mengorganisir berbagai hal
Sebagai pegawai kantoran, tentu Anda menerima banyak email setiap harinya. Anda tak perlu repot-repot mengklasifikasi atau memilih-milih mana yang harus dihapus dan mana yang tidak. Jika Anda membutuhkan beberapa file dalam email, Anda bisa menggunakan fasilitas mesin pencarian yang tersedia.
3. Tentukan deadline
Saat Anda memiliki banyak aktivitas di kantor, tentukan jadwal-jadwal yang ketat untuk menyelesaikannya. Anda juga harus menentukan waktu yang spesifik untuk berhenti bekerja. Hal ini disebut dengan Deadline yang akan memaksa Anda untuk lebih disiplin saat bekerja.
4. Jangan banyak bekerja
Poin ini tidak menyarankan Anda untuk bermalas-malasan. Namun inilah yang disebut dengan prioritas. Anda pasti sudah tak aneh lagi dengan kisah manajemen waktu dan produktivitas pribadi yang mampu berubah menjadi bisnis besar.Anda harus pandai memilih pekerjaan, mana yang harus diprioritaskan dan mana yang bisa diselesaikan nanti. Cara ini mampu mendorong produktivitas Anda tanpa banyak melakukan hal yang tak penting.
5. Belajarlah berkata 'tidak' dan jangan pernah katakan 'mungkin'
Menolong orang lain seringkali bisa menjadi motivasi besar bagi diri sendiri. Namun sebaiknya Anda belajar mengatakan tidak, jika permintaan tolong tersebut tak ada hubungannya dengan tujuan dan prioritas kerja Anda. Mengatakan 'mungkin' juga sebaiknya dihindari karena bisa mengubahnya menjadi kepentingan pribadi.
6. Matikan suara perangkat elektronik Anda
Saat waktunya bekerja, matikan suara dari handphone atau komputer Anda, sehingga Anda terhindar dari gangguan nada dering atau pengingat dari perangkat tersebut. Agar Anda bisa lebih serius dalam bekerja, sebaiknya jangan menerima telepon meski dari kerabat Anda sekalipun.
7. Bekerja di rumah
Kebanyakan pejabat menghabiskan waktunya untuk rapat. Mengalahkan berbagai pekerjaan dalam waktu yang tersedia merupakan tantangan tersendiri baginya. Namun ada saatnya Anda juga menghabiskan waktu di rumah untuk suasana kerja yang lebih mendukung. Hal tersebut guna membangun strategi atau melahirkan berbagai gagasan kerja yang baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar